3 Macam Jenis TV Tuner beserta Fungsinya

Cara mengubah komputer, notebook, atau laptop menjadi Televisi (TV) yang akan dibahas pada kesempatan ini bukanlah dengan cara menonton acara Televisi secara online via internet.

Cara menonton TV tanpa sambungan internet cocok untuk mereka yang ingin menjadikan komputer, laptop, atau notebooknya agar berfungsi sebagai pesawat televisi tanpa tersambung dengan modem internet tapi dengan menggunakan suatu alat tambahan yang biasa disebut dengan Tuner TV. Yang dimaksud TV Tuner disini adalah TV Tuner Eksternal yang akan dihubungkan pada perangkat komputer, jadi bukan TV Tuner pada pesawat televisi CRT.

Apa itu TV Tuner?

TV Tuner adalah sebuah perangkat elektronika yang berfungsi sebagai penangkap/ penerima siaran televisi (receiver) yang kemudian siaran televisi tersebut akan ditampilkan pada layar monitor komputer atau laptop.

Jenis-jenis TV Tuner

Jenis-jenis TV Tuner ada beberapa macam, ada yang berupa tuner box yang biasa disebut dengan TV combo, ada yang berbentuk card yang harus dipasang pada motherboard PC, sampai yang berukuran mini biasanya digunakan pada notebook ataupun laptop.

Jenis TV Tuner Combo

TV Tuner yang berupa combo box hanya memerlukan sebuah monitor baik monitor LCD maupun CRT, karena sinyal keluaran dari TV Tuner ini berupa sinyal VGA yang bisa langsung dihubungkan dengan monitor komputer. TV Tuner jenis ini bisa digunakan dengan menyalakan komputer dan tanpa menyalakan komputer pun tetap bisa digunakan. Bahkan jika anda memiliki monitor bekas dan masih berfungsi dengan baik daripada nganggur bisa digunakan untuk TV Tuner jenis ini.

Jenis TV Tuner Card

Pada TV Tuner yang berupa tuner card harus dipasang pada motherboard dan akan bisa bekerja setelah komputer dinyalakan dan software driver terinstal pada PC. Tuner jenis ini bisa digunakan untuk berbagai fungsi misalnya merekam video siaran TV (video capture).

Jenis TV Tuner Mini

Sedangkan TV Tuner mini yang biasa dipakai pada notebook adalah sebuah perangkat portable yang dihubungkan melalui port USB. Tuner jenis ini (TV Tuner External USB TV Stick) adalah perangkat multi-fungsi yang paling praktis dan sederhana di antara TV Tuner lainnya.

TV Tuner yang berbentuk mirip flashdisk ini merupakan gadget tambahan yang akan memudahkan kita menonton acara televisi menggunakan laptop dimanapun dan kapan pun kita berada. TV Tuner ini juga bisa digunakan untuk komputer PC/Dekstop karena tersambungan melalui USB 2.0. Cukup tancapkan TV Tuner USB Stick ini ke USB Notebook, maka kita bisa menyaksikan acara tv kesayangan secara langsung persis seperti menyaksikan tayangan televisi seperti layar televisi biasa pada umumnya.

Kelebihan TV Tuner Eksternal Mini / USB

Nonton siaran langsung pertandingan bola seperti piala Eropa menjelang pagi, kadang menyebabkan kita mengantuk dan malas beraktifitas, sehingga hal ini akan mengganggu saat beraktifitas di siang hari. Tips untuk mengatasinya adalah sederhana. Rekam saja siaran langsung tersebut, kemudian kita tinggal tidur. Kita bisa me-replay acara tersebut di pagi hari sebelum berangkat beraktifitas. Tetapi apakah pesawat televisi anda dilengkapi dengan fitur ini ?

Inilah kelebihan lain dari teknologi TV Tuner mungil nan canggih ini. Gadget ini tidak hanya ‘membuat notebook menjadi TV portable dengan mudah dan cepat, melainkan  juga dilengkapi dengan remote control dan software khusus yang mampu merekam acara televisi ke harddisk notebook atau laptop dalam format video.