Arti Warna pada Buah & Sayuran

WARNA dari setiap jenis buah dan sayuran mengandung arti tersendiri. Termasuk pula soal kandungan dan manfaatnya masing-masing.

 
Baiknya dalam satu hari, Anda mengonsumsi makanan banyak warna. Berikut arti warna-warna pada buah dan sayuran, sebagaimana dilansir Boldsky, Selasa (13/3/2012). 
 
Sayuran hijau
 
Warna hijau jelas berasal dari klorofil yang berada pada tumbuhan. Apa yang diserap oleh tubuh manusia adalah lutein yang sangat bagus untuk mata Anda dan juga membantu memperlambat penuaan. Vitamin B pun dapat ditemukan dalam sayuran dan folat (asam folat senyawa) dan berjumlah banyak dalam sayuran berdaun hijau.
 
Buah-buahan dan sayuran berwarna mewah
 
Merah adalah warna darah dan menyimbolkan semangat. Itulah yang bisa didapatkan dari sayuran berwarna merah. Warna merah berasal dari lycopene dan memiliki sifat mencegah kanker. Terdapat pula, anthocyanin yang merupakan variasi khusus dari antioksidan yang ditemukan dalam buah beri yang dapat membuat Anda awet muda dan membantu menumbuhkan jaringan Anda. Sayuran merah seperti akar bit dan buah delima dapat membantu meningkatkan jumlah darah.
 
Buah-buahan dan sayuran berwarna kuning
 
Buah berwarna kuning seperti jeruk dan sayuran mengandung dari betakaroten. Mereka pun akan memberikan mata yang sehat, otot, dan paru-paru yang baik. Buah jeruk memberi Anda energi dan merupakan obat terbaik untuk gangguan pernapasan ringan. Anda tidak akan pernah perlu khawatir tentang kram dan otot ketarik karena karoten bertanggung jawab untuk kesehatan otot. Buah berwarna kuning lainnya yang memberi manfaat adalah pisang, mangga, labu, wortel, dan lain-lain.
 
Buah-buahan dan sayuran berwarna Ungu
 
Sayur dan buah berwarna ungu dapat memberikan manfaat anthocyanin. Kimia ini adalah anti-kanker dan bagus untuk kesehatan jantung. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan kemampuan memori yang baik. Buah dan sayur ungu yang dapat dijadikan pilihan adalah terong, plum, blueberry, anggur, kismis, dan lain-lain.
(tty)