Cara Mengatasi “No Internet Access” Wifi Speedy

Speedy Wifi - No Internet Access

Cara mengatasi koneksi Wifi Speedy yang tiba-tiba terputus memang terkadang susah susah sedap. Bagi pembaca yang berlangganan paket internet Speedy, mungkin pernah mengalami kegagalan koneksi ke jaringan Wifi melalui laptop, dan ada pemberitahuan “No Internet Access”. Padahal kalau konek lewat HP Wifi tidak masalah kan? Trus solusinya gimana, padahal sudah dilakukan troubleshoot namun hasilnya tetap sama, yang pada akhirnya membawa kita pada kesimpulan “Wireless Network Connection” Doesn’t Have a Valid IP Configuration yang tetap saja ndak bisa diselesaikan baik secara kekeluargaan maupun secara hukum Negara 😀

Nah, berdasarkan pengalaman salah satu admin inilah-caracaranya, ada satu cara mudah mengatasi koneksi Speedy di laptop yang terputus. Nggak perlu telpon customer care speedy ataupun mendatangkan tehnisi yang mumpuni sekalipun. Cukup dikerjakan sendiri karena memang sangat mudah. Lalu gimana solusinya?

Konfigurasi Ulang Alamat IP di Laptop

Karena masalah utama adalah jaringan Wifi tidak bisa terkoneksi ke laptop, sedangkan apabila menggunakan HP baik-baik saja, maka kita ga perlu ngecek apa Speedy kita di blokir atau ada kabelnya yang tidak terpasang dengan baik. La kan konek lewat HP bisa! Cukup lakukan konfigurasi ulang alamat IP di laptop kita. Ikuti langkah-langkah berikut :

Solusi Koneksi Speedy Terputus Pertama – IP Config

1. Buka Start menu lalu pada bagian pencarian ketik CMD kemudian kalau sudah ketemu, klik kanan trus “Open as Administrator”
2. Trus pada layar Command Prompt masukkan kode berikut ini :
– ipconfig /all
– ipconfig /release
– ipconfig /renew
3. Lalu restart laptop. Nah apabila cara pertama tidak bisa, coba cara kedua seperti di bawah ini

Solusi Koneksi Speedy Terputus Kedua – Reset TCP/IP Setting

1. Seperti pada cara pertama, untuk mengatasi Wifi Speedy yang tidak bisa terkoneksi ke laptop, kita lakukan dari layar command prompt. Buka start, pada kotak pencarian ketikkan CMD lalu klik kanan trus “Run as Administrator” lalu akan muncul layar command prompt. 
2. Nah pada layar command prompt, ketikkan kode berikut :
– netsh int ip reset
– netsh winsock reset
3. Restart laptop kamu dan lihat apakah laptop mu sudah bisa terkoneksi ke jaringan Wifi Speedy atau tidak. 
Kalau ternyata setelah memakai cara kedua tapi belum bisa juga tersambung ke Wifi Speedy? Ya artinya kamu mempunyai masalah yang sangat besar sekali ki sanak. Ini juga berarti kami belum bisa memberikan pencerahan lebih mendalam lagi. Soalnya berdasarkan pengalaman salah satu admin kami yang telah 2 kali mengalami masalah tak tersambung ke Wifi Speedy dan menggunakan masing-masing cara di atas, hasilnya memuaskan. Dan semoga saja ini juga bisa berlaku buat para pembaca sekalian 🙂

Kami yakin, ini adalah cara termudah mengatasi Wifi Speedy yang terputus. Sebab, dengan cara ini kita tidak perlu melakukan penginstalan ulang ataupun melakukan pengaturan yang ribet dan tentunya sangat beresiko terjadi kesalahan fatal dalam dunia perinternetan mu.