Kepribadian introvert

Apa yang anda ketahui tentang kata introvert?Mungkin orang biasa tidak akan pernah tau dan tidak akan pernah mengerti apa yang di sebut Introvert,keculai dia adalah Psikolog.
Introvert adalah salah satu kepribadian atau sifat manusia yang biasanya sang introvert berarti pendiam atau tertutup.

Dari segi bahasa introvert mempunyai arti tertutup, sedangkan menurut istilah adalah pribadi yang mengarah pada pengalaman subyektif, memusatkan diri dalam dunia dalam dan privat, dimana realita hadir dalam bentuk hasil amatan, cenderung menyendiri, pendiam, dan tidak ramah dan anti sosial. Umumnya orang introvert itu senang intropekstif dan sibuk dengan kehidupan internal mereka sendiri. Tentu saja mereka juga mengamati dunia luar, tetapi mereka melakukannya secara selektif, dan memakai pandangan subyektif mereka sendiri.
Orang introvert biasanya mempunyai pandangan perfeksionis dan idealis dalam kehidupanya,sehingga para introvert yang tidak bisa mengendalikan pandanganya mereka akan tersiksa dan terasingkan dari masyarakat di sekitarnya.

Di dunia ini juga banyak tokoh-tokoh Introvert yang cukup berpengaruh yaitu Albert Einstein, Bill Gates, Michael Jordan, Julia Roberts, Nicole Kidman, dan J.K Rowling. Mereka mampu membuktikan bahwa, dunia pun membutuhkan mereka.
Dan ini adalah sepenggal kutipan dari Nicole Kidman, ia pernah berkata, “…… Sementara introvert adalah kelompok minoritas dalam masyarakat, mereka membentuk sebuah mayoritas bagi orang-orang yang berbakat.”
Di indonesia pun ada beberapa tokoh yang berkepribadian introvert,sebut saja Andrea hirata dalam novel nya yang berjudul tetralogi laskar pelangi di sanalah kisah kehidupan andrea terungkap,tentang diri nya yang pendiam dan tentang bagai mana sifat ayah nya yang hanya sekali dua kali mengeluarkan kata-kata dalam hidup nya.

Ciri-ciri kepribadian introvert di dalam kehidupanya:
a.Cenderung lebih suka “memasuki” dunia imaginasi.
b.Produksi dan ekspresi-ekspresinya diwarnai oleh perasaan-perasaan yang subyektif, pusat kesadaran dirinya adalah kepada egonya sendiri dan sedikit perhatian pada dunia luar.
c.Perasaan halus dan cenderung untuk tidak melahirkan emosi secara menyolok, biasanya melahirkan ekspresinya dengan cara-cara yang halus yang jarang ditemukan pada individu-individu lain,tetapi bukan berarti tidak bisa kasar bahkan bisa lebih buas bila di usik.
d.Sikapnya “tertutup”, sehingga jika ada konflik-konflik disimpannya dalam hati dan ia berusaha menyelesaikannya sendiri.
e.Banyak pertimbangan, sering mengadakan analisis dan kritik diri.
f.Sensitif terhadap kritik, pengalaman-pengalaman pribadi bersifat mengendap dalam kenangan yang kuat, apalagi hal-hal yang bersifat pujian atau celaan tentang dirinya.
g.Pemurung dan cenderung selalu bersikap menyendiri, serta kurang bersosialisasi
h.Lemah lembut tindak dan sikapnya, serta punya pandangan idealis .
I.Dan tipe manusia yang paling setia,kepada pasangan ataupun sahabat yang sudah di percayainya.

Itulah sedikit ulasan tentang salah satu kepribadian seseorang.untuk di jadikan koreksi dan renungan bahwasanya Tuhan menciptakan manusia dengan sifat dan kepribadian yang berbeda-beda.Saling menghormati dan tidak saling mengclaim dirinya paling sempurna adalah kunci hidup yang selaras dan harmonis.